SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Kamis, 03 Mei 2012

Praktik Sains Untuk Anak SD


GUNUNG BERAPI

Bahan yang diperlukan
. sebotol cuka
. satu atau dua sendok baking soda
. pewarna makanan untuk menambah semarak
. kardus karton bekas kemasan makanan
. botol bekas plus ember kecil

Proses
baking soda apabila dicampur dengan cuka yang diberi pewarna akan menghasilkan semburan laksana lava dari gunung berapi berwarna merah. Perlu diperhatikan jmlah cuka yang dituangkan karena bila terlalu sedikit dan terlalu kecil jadi cuka yang keluar hanya berupa tetesan. Setelah botolnya dibuka lebih lebar cuka bisa dituang lebih banyak dan segera menimbulkan semburan yang cukup tinggi.



MENYELAMATKAN APEL

Bahan yang diperlukan:
. sebuah apel
. sari jeruk lemon

Proses :
. belah apel menjadi empat bagian
. letakkan seperempat bagian pada meja dapur dan seperempat di lemari es
. teteskan sari lemon ke dua bagian potongan apel. simpan satu potong di meja dan yang lain di lemari es.
Apa yang terjadi :
Apel di atas meja yang tidak ditetesi lemonlah yang pertama-tama berubah warna menjadi coklat. Apel yang ditetesi lemon dan disimpan dalam lemari es tahan paling lama.

Mengapa begitu ??
Ketika kalian memotong apel, kalian menyobek sel-selnya, membesarkan suau enzim yang disebut polyphenoloxidase. Enzim ini mempercepat proses sehingga senyawa dalam apel (phenol) bergabung dengan oksigen dari udara. Inilah yang menghasilkan warna kecoklatan yang menghitamkan buah-buahan dan membuatnya tidak enak.
Enzim bekerja lebih lambat pada suhu rendah dibandingkan pada suhu kamar. Zat ini pun bekerja lebih lambat dalam asam seperti sari jeruk lemon, yang dengan sempurnanya membuatnya tidak aktif.
Jika kalian tidak punya sari lemon, kalian dapat menggunakan sari jeruk biasa, tetapi lemon lebih baik karena mengandung lebih banyak asam.


MEMATANGKAN PISANG HIJAU
Pisang dipetik dan dikirimkan dalam keadaan masih hijau, tetapi pisang yang hijau ini tidak layakdimakan. Kalian dapat mematangkannya selama beberapa hari - tetapi apakah benar, kalian tidak boleh menyimpannya di lemari es? Buktikan sendiri !!
Bahan yang diperlukan :
Dua buah pisang yang masih hijau
Yang kamu lakukan :
. simpan sebuah pisang di suatu sudut ruangan
. simpan sebuah pisang lagi di dalam lemari es
Apa yang terjadi?
Dalam beberapa hari, pisang yang disimpan di suatu sudut ruangan berubah warnanya menjadi kuning dan daging buahnya menjadi lunak. Pisang yang disimpan dalam lemari es membususk dan daging buahnya tetap keras.
Mengapa bisa begitu?
Pisang biasanya melepaskan gas etilen agar matang. Di sudut ruangan, zat hijau pada kulit pisang lenyap dan muncullah zat warna kuning (carotin dan flavon). Juga, zat tepung pada pisang berubah menjadi gula dan pectin, yang menahan sel-sel pisang yang keras, terurai. Dengandemikian, daging buah menjadi lunak dan mudah dicerna.
Dalam lemari es, sel-sel pisang rusak dan melepaskan zat warna kuning dan enzim lainnya. Pisang tidak matang dan kulitnya tidak menguning melainkan menghitam.
Pisang yang masak noleh disimpan dalam lemari es. Kulitnya mungkin akan menghitam tetapi daging buahnya tetap enak selama beberapa hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar